Keperawatan dan pencegahan Nosokomial Infeksi

10 April 2010 at 07:42 (Pengetahuan)

Pelayanan Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan. Indikator mutu pelayanan di Rumah Sakit tidak lepas dari kualitas pelayanan keperawatan. Perawat sebagai profesi dengan tenaga perawat yang profesional dituntut untuk secara terus menerus mengembangkan kemampuan dirinya baik secara ilmu maupun ketrampilan.

pelayanan Keperawatan dasar

Infeksi nosokomial merupakan salah satu contoh kondisi yang mengancam patient safety. Kondisi lingkungan tempat tidur pasien dan kondisi fisik pasien juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam upaya  patient safety.Perawat harus bertanggung jawab terhadap patient safety selama pasien dirawat di rumah sakit. Dalam hal upaya mempertahankan patient safety, perawat tidak hanya melihat dari faktor fisik tetapi juga psikis pasien. Keamanan pasien menjadi hal yang amat penting dan memerlukan perhatian yang optimal dan intervensi keperawatan yang adekuat sesuai dengan masalah keperawatan yang dihadapi pasien dan tujuan keperawatan yang ingin dicapai untuk mengatasi masalah pasien.

Pencegahan nosokomial infeksi dengan menjaga sterilitas instrumen

Dalam rangka menjunjung tinggi hak pasien akan keselamatan dirinya  ( patient safety), perawat harus mampu memberikan pelayanan keperawatan yang optimal dan melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan bukti-bukti Ilmiah ( evidence based nursing ).                                                      Bukti-bukti ilmiah  didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan dalam bidang keperawatan , medis maupun hasil penelitian kesehatan lain. Evidence based nursing dan evidence based medicine dapat digunakan sebagai dasar dalam pemberian intervensi keperawatan. Namun demikian perawat profesional harus mampu memilih hasil penelitian yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: