Botnet, lahan bisnis baru?

Botnet merupakan jaringan komputer zombie alias komputer yang telah diambil alih kendali dan diperbudak oleh penjahat tanpa sepengetahuan pengguna komputer yang sah. Penjahat bisa melakukan berbagai macam tidak pidana bermotif finansial dengan jaringan botnet. botnet adalah mata rantai utama dalam kejahatan cyber. Tidak diperlukan pengetahuan teknis komputasi untuk memahami peran botnet. Singkat kata, botnet merupakan komoditas bisnis penting dalam industri kejahatan cyber.

Malware

malware

Dalam hal bisnis Botnet ini sang pemilik botnetlah yang menjadi konsumen utama perdagangan jasa kejahatan cyber, sedangkan para programer menjadi produsen yang subur mengeksplorasi keahliannya dalam menyusup dan memperdayai jaringan komputer sasaran. Programer yang sudah profesional akan mampu menghasilkan malware yang canggih, tentu saja harga jualnya pun semakin mahal. Malware adalah sejenis program jahat yang antara lain berupa virus, Trojan, worm, dan aplikasi-aplikasi khusus yang dirancang untuk menyerang komputer melalui jaringan.

Pemilik botnet merupakan pelanggan terbaik para penulis malware. Dalam kejahatan cyber, malware tidak hanya digunakan untuk membuat zombie, tetapi juga mencuri data rahasia dan menyebarkan spam, adware, hingga antivirus palsu. Ketika sebuah komputer terinfeksi malware maka komputer itu pun menjadi budak para penjahat karena komputer itu dikendalikan dari jarak jauh oleh para penjahat itu, tanpa sepengetahuan pengguna sah komputer tersebut.

Bagi pembuat malware itu sendiri, integritas menjadi pertaruhan, sebab sebuah malware berpeluang lebih besar dijual dengan harga tinggi apabila mendapatkan penilaian positif dari penjamin. Para penjamin tersebut umumnya moderator forum-forum hacker populer yang terpercaya integritas penilaiannya. Untuk itu tidak sedikit pula para pemilik botnet yang tertipu, ketika ternyata botnet yang ditawarkan dengan harga tinggi tersebut ternyata tidak bernilai sama sekali alias tidak handal.

Dengan demikian nilai penjamin sendiri menjadi sangat penting dalam alur bisnis ini, yah..boleh dikatakan sebagai pialangnya gitu..kalo nggak bisa memberi referensi yang terbaik bagi konsumen maka produk tidak laku dan tidak akan ada bisnis selanjutnya.Para penjamin adalah orang mengusai betul seluk beluk botnet, dan mampu memetakan kemampuan produk dalam hal ini sang  penjamin tentu saja sudah mencoba dulu kehandalan botnet yang akan ditawarkan. Kalau sudah oke tentu ia baru berani menjaminkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: